Alhamdulillah P4 Jangan Kecil Hati, P1 Saja Digantung pada Tes PPPK Guru 2023, Begini Kata Dirjen GTK Kemdikbud

PROMOTATION.COM - Dramatisasi proses lamaran PPPK Guru 2023 perlu dilakukan. Namun P4 tidak boleh berkecil hati karena P1 mempunyai prioritas yang masih dicanangkan pada tahun ini. 

Apa klaim Dirjen GTK Kemdikbud? Terhitung tanggal 20 September 2023, proses pengajuan TES PPPK Guru 2023 telah dimulai. Pelamar umum dan pelamar khusus harus menyadari bahwa ada jadwal yang berbeda untuk mereka dan Anda.

Alhamdulillah P4 Jangan Kecil Hati, P1 Saja Digantung pada Tes PPPK Guru 2023, Begini Kata Dirjen GTK Kemdikbud

Ada delapan kategori pendaftaran yang ditambah BKN pada TES PPPK Guru 2023 tahun ini, antara lain P1, P2, P3, dan P4. Setiap orang mempunyai kemampuan dan keinginan untuk menyatakan identitasnya.

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari portal Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud pada 25 September 2023, saat ini pemerintah terus berusaha untuk memberikan yang terbaik terhadap P1 dan pelamar prioritas lainnya, karena ada P1 tahun ini belum bisa diakomodasi.

Baca Juga: PERHATIKAN! Penentuan Prioritas PPPK Guru 2023 Kategori 1-4 Ada Konfirmasi Peserta, Cek Ketentuannya SEKARANG

Dirjen GTK, Nunuk Suryani, mengungkapkan sejumlah pelamar P1 yang jadi prioritas tahun 2023 sebagai sisa dari seleksi PPPK Guru tahun 2022 lalu, yang berjumlah 50.248 orang tapi, sebagiannya tidak memiliki formasi.

Akan tetapi tidak semua dari jumlah P1 sebanyak 50.248 tersebut bisa diakomodasi untuk diangkat jadi guru di tahun 2023. Karena, sebanyak 12.276 pelamar P1 tidak bisa diakomodasi pada pengadaan ASN Guru tahun anggaran 2023. Mengapa demikian?

Nunuk Suryani menyampaikan bahwa, masih ada daerah yang belum mengusulkan formasi kepada pemerintah pusat khususnya untuk formasi guru.

"Ada daerah yang mengalami over supply dan tidak membuka formasi. Kita sudah tata dengan berbagai kebijakan yang sekarang kita lakukan ternyata masih belum terakomodasi," kata Nunuk Suryani.

Lalu, bagaimana dengan P2, P3, dan P4 yang akan mengikuti pendaftaran tes PPPK Guru 2023 yang sudah dibuka dan sebentar lagi akan ditutup?

P2 sampai P4 merupakan kategori yang juga diberikan kesempatan yang sama untuk menjadi guru melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun anggaran 2023.

Mereka diwajibkan untuk membuat akun di ASN Karier dan melakukan beberapa ketentuan sesuai yang telah ditetapkan oleh BKN pada alur pendaftaran Calon ASN Guru 2023.

Akan tetapi dari keempat pelamar prioritas dari pemerintah tersebut ada perbedaan pada sistem seleksi yang akan dihadapi oleh masing-masing pelamar tersebut.

Baca Juga: INFO BARU PPPK Guru 2023, Kemdikbud Rilis Info Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik. Cek Linknya ..

Seperti yang dikutip dari portal Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, yaitu:

1. Untuk pelamar prioritas satu atau P1 tidak akan mengikuti tes, baik administrasi, kompetensi dan tes lainnya. Hanya diwajibkan untuk membuat akun SSCASN BKN 2023 di ASN Karier.

2. P2 dan P3 di tes menggunakan CAT BKN dan khusus dengan sistem Situational Judgement Test (SJT) yang mana tes ini mengacu pada proses pembelajaran saja.

3. Sementara itu untuk pelama prioritas 4 atau P4, akan menggunakan sistem tes CAT yang meliputi tes kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural dan wawancara.

Nunuk menjelaskan bahwa kalau untuk para pelamar yang telah mengantongi sertifikat pendidik atau serdik akan diberikan afirmasi kompetensi teknis 100 persen.

Jadi, itulah ketentuan untuk P1, P2, P3, dan P4 untuk mengikuti tes PPPK Guru 2023 yang telah disampaikan oleh Dirjen GTK, Nunuk Suryani.***

Sumber : BERITASOLORAYA.com

Posting Komentar untuk "Alhamdulillah P4 Jangan Kecil Hati, P1 Saja Digantung pada Tes PPPK Guru 2023, Begini Kata Dirjen GTK Kemdikbud"