Simak! Tes PPPK Guru 2023 untuk P2, P3 dan P4 Super Ketat, BKN Buat Sistem CAT Live Score via Streaming YouTube

PROMOTATION.com - Proses seleksi ASN 2023 dimulai dari satu pintu karena semakin jelas. Berbeda dengan TES PPPK Guru 2023 yang sebelumnya dilaksanakan di portal khusus PPPK, tahun ini tidak sama. Pelamar P2, P3, dan P4 wajib menonton tes CAT BKN, dan harus sadar bahwa tahun ini ada sistem baru yaitu streaming skor CAT secara live di YouTube.

Saat ini pendaftaran TES PPPK Guru 2023 masih dibuka. Hasil serupa didapat saat pendaftaran CPNS 2023 di website yang sama, ASN Karier.

Simak! Tes PPPK Guru 2023 untuk P2, P3 dan P4 Super Ketat, BKN Buat Sistem CAT Live Score via Streaming YouTube

Pada tahun ini, beragam tugas harus diselesaikan oleh para manajer, baik manajer di level umum, P4, maupun manajer yang fokus di level P2 dan P3.

Baca Juga: Keputusan MenRap 4 Tes PPPK Guru 2023 untuk P4, Tidak berlaku untuk Kategori yang satu ini...

Rangkaian tahapan wajib dilalui oleh masing-masing pelamar mulai dari P1-P4 seperti yang ditentukan. Salah satu yang menjadi perhatian saat ini adalah tidak semua pelamar yang ditentukan menjadi prioritas tes PPPK Guru 2023 wajib ikut tes CAT BKN 2023.

Karena masing-masing pelamar baik P1 sampai P4 memiliki persyaratannya masing-masing pada tes PPPK Guru 2023. Mulai dari pembuatan akun sampai dengan ujian yang ujian sebagai tahapan penentu kelulusan mereka.

Dikutip BeritaSoloraya.com dari situs Ditjen GTK Kemdikbud Ristek pada 3 Oktober 2023, para pelamar dari keempat prioritas saat ini, akan menghadapi seleksi yang tidak sama lagi dengan tahun lalu.

Yang mana, mulai dari P1 yang akan diangkat menjadi PPPK 2023 karena secara khusus diprioritaskan walaupun mereka tetap membuat akun masing-masing di portal ASN Karier.

Baca Juga: SIMAK! Apakah Bisa Guru yang Belum Terdaftar Dapodik Daftar Seleksi PPPK 2023? Begini Penjelasannya...

Kemudian, diikuti oleh mereka yang saat ini berstatus sebagai P2 dan P3 yang harus mengikuti seleksi yang lebih ditekankan pada proses pembelajarannya atau yang dikenal dengan tes sistem Situational Judgement Test.

Serta P4 yang wajib mengikuti tes dengan sistem CAT BKN secara keseluruhan, mulai dari tes kompetensi teknis yang merupakan salah satu tes yang jadi perhatian pemerintah dalam hal ini MenPAN RB. Karena bagi guru yang mengantongi serdik akan mendapatkan 100% afirmasi nilai.

Selain itu, ada tiga jenis seleksi lain yang harus dilalui oleh pelamar P4, yaitu tes sosio kultur, wawancara dan tes manajerial. Oleh karena itu, perlu persiapan yang mantap untuk menghadapi tes itu.

Perlu jadi perhatian penuh bagi pelamar prioritas yang akan mengikuti tes CAT BKN 2023, karena pihak Badan kepegawaian Negara atau BKN sendiri akan mengadakan perubahan dalam aplikasi sistem CAT tersebut tahun ini.

Perubahan itu dibuat untuk meningkatkan integritas pengadaan ASN tahun anggaran 2023. Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto.

Haryomo Dwi Putranto mengungkapkan pada tahun ini ada perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana khususnya pada aplikasi CAT BKN.

Seperti yang dikutip dari situs BKN, inilah keempat perubahan yang dilakukan oleh BKN tahun ini untuk diterapkan pada pengadaan ASN 2023, seperti yang dijelaskan oleh Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, yaitu:

Baca Juga: Update Tes PPPK Guru 2023 Khusus Sistem Seleksi bagi P1-P4, Begini Kata Dirjen GTK Nunuk Suryani

  1. Akan dilaksanakan dengan menerapkan sistem live score nilai peserta melalui siaran langsung di YouTube atau streaming.
  2. Ada penambahan beberapa fitur salahs atunya adalah fitur presensi yang mana tentunya akan terintegrasi dengan aplikasi CAT BKN.
  3. Diberlakukannya sistem registrasi dengan pengenalan wajah peserta atau face recognition.
  4. Diterapkannya CAT Operating System.

Jadi, itulah perubahan baru yang akan diberlakukan pada tes CAT BKN dan bagi pelamar guru mulai dari P2, P3, dan P4 silahkan siapkan diri agar bisa lulus pada tes PPPK Guru 2023.***

Sumber : BERITASOLORAYA.com

Posting Komentar untuk "Simak! Tes PPPK Guru 2023 untuk P2, P3 dan P4 Super Ketat, BKN Buat Sistem CAT Live Score via Streaming YouTube"