RESMI! Guru Honorer Tidak Akan Direkrut Lagi, PPG Prajabatan Jadi Solusi. Nunuk Suryani Tegaskan Hal Ini...

PROMOTATION.COM – Sejumlah informasi disampaikan kepada Nunuk Suryani dan Dirjen GTK. Informasi yang dimaksud terkait program guru honorer dan akan diteliti oleh PPG Prajabatan.

Nunuk Suryani membeberkan informasi Prajabatan PPG dan guru honorer tersebut saat dalam perjalanan ke Sulawesi Utara beberapa hari sebelumnya.

RESMI! Guru Honorer Tidak Akan Direkrut Lagi, PPG Prajabatan Jadi Solusi. Nunuk Suryani Tegaskan Hal Ini...

Seberapa teliti penjelasan guru honorer dan Prajabatan PPG yang diberikan Nunuk Suryani dalam kasus ini?

Baca Juga: Simulasi Online CAT BKN Dibuka, Cek Alur, Jadwal, dan Ketentuannya untuk Pelamar Tes PPPK Guru 2023

Kesempatan Bagus bagi Lulusan PPG Prajabatan

Ilustrasi guru honorer sedang mengajar di kelas

Ilustrasi guru honorer sedang mengajar di kelas Antara

Diketahui, saat acara audiensi dengan Gubernur Sulawesi Utara dan Walikota Manado beberapa waktu yang lalu, Nunuk Suryani menegaskan bahwa guru honorer tidak akan direkrut lagi.

Namun sebelumnya, Nunuk juga menyoroti tentang kekosongan jabatan pengawas sekolah yang terjadi di wilayah tersebut.

Selain itu, ia juga menyoroti masalah penempatan guru yang mengabdi di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Menurut Nunuk, langkah yang efektif untuk mengatasi kekosongan guru di wilayah tersebut adalah melakukan pemberian insentif yang dapat memberikan dorongan bagi para guru tersebut.

Bentuk insentif yang bisa didapatkan oleh guru yang ditugaskan ke wilayah 3T adalah pemberian fasilitas rumah dinas dan mendapatkan kesempatan istimewa dalam hal kenaikan pangkat.

Baca Juga: Info PPPK Guru 2023: Tahun Depan Tidak Ada Rekrut Guru Honorer, Begini Harapan Dirjen GTK Nunuk Suryani

Peraturan insentif dari Kemdikbud tersebut diharapkan akan menjadi daya tarik bagi para guru agar bersedia bertugas di wilayah yang membutuhkan pendidikan yang berkualitas baik.

Hal penting lain yang diungkapkan Nunuk adalah tentang guru honorer. Ia mengatakan bahwa mulai tahun 2024 nanti, tidak akan ada lagi perekrutan guru honorer.

Untuk menggantikan hal itu, Kemdikbud akan berupaya agar program PPG Prajabatan dapat mencetak para guru yang berkualitas untuk mengisi kekosongan guru yang akan pensiun.

“Sebenarnya kami tidak bisa memaksa untuk hanya menerima peserta asli daerah,”kata Nunuk, seperti dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman gtk.kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Bobot Tes Kompetensi Tambahan, Bagi P1-P4 yang Ikut Tes PPPK Guru 2023 Cek Ketentuannya

Namun ia mengatakan bahwa Kemdikbud akan terus berupaya menyediakan penggantian guru pensiun secara konsisten dengan cara pemberian insentif sebagai dorongan.

Ia menambahkan, bahwa semua kebijakan Kemdikbud tersebut dilakukan untuk memastikan standar pendidikan nasional dapat tetap terjaga dengan baik.***

Sumber : BERITASOLORAYA.com

Posting Komentar untuk "RESMI! Guru Honorer Tidak Akan Direkrut Lagi, PPG Prajabatan Jadi Solusi. Nunuk Suryani Tegaskan Hal Ini..."